Saturday, March 06, 2010

Tugas SG peRtamA

Ini tugas SG firda yang pertama,^^
Greenpeace, Selamatkan Hutan Untuk Masa Depan
Materi kuliah umum yang pertama kali ini, yang kebetulan dihadiri bersama-sama baik dari departemen Teknik Informatika maupun Telekomunikasi ini mengusung tema Green Peace. Secara pribadi, saya kurang begitu setuju dengan kuliah SG kali ini, baik dari sisi pelaksanaan maupun tema yang diangkat. Dari sisi pelaksanaan dirasa SG kali ini kurang persiapan. Hal ini dapat dilihat mulai dari pengisian presensi saja yang antrinya lamanya minta ampun (apa karena saya telat juga ya,^^), selain itu entah dari sisi mahasiswa atau audio, atau ruangannya, yang kebetulan waktu kuliah umum tersebu saya menda[at tempat duduk di belakang, materi yang disampaikan benar-benar sulit untuk ditangkap. Dari segi tema, menurut saya, mengusung suatu organisasi tertentu dalam sebuah kuliah umum agak kurang etis. Tapi itu semua hanya pendapat saya sih, tapi bagaimana pun juga tiap kali SG atau kapsel, tetap ada tugas untuk meresume. berikut beberapa yang dapat saya tangkap dari kuliah SG pertama ini. Menurut penulusuran saya melalui Wikipedia Indonesia, Greenpeace adalah suatu organisasi lingkungan global yang didirikan di Vancouver, British Columbia, Kanada pada 1971. Greenpeace dikenal menggunakan aksi langsung tanpa kekerasan konfrontasi damai dalam melakukan kampanye. Pada awal-awal berdirinya Green Peace melakukan kampanye untuk menghentikan pengujian nuklir angkasa dan bawah tanah, begitu juga dengan kampanye menghentikan penangkapan ikan paus besar-besaran. Setelah itu, fokus organisasi mengarah ke isu lingkungan lainnya, seperti penggunaan pukat ikan, pemanasan global, dan rekayasa genetika. Asia Tenggara merupakan posisi kunci untuk menentukan keamanan lingkungan global. Selama 30 tahun terakhir, Greenpeace telah sukses berkampanye di negara-negara industri untuk mengurangi dan menghapuskan polusi dan degradasi lingkungan, dengan fokus utama pada Indonesia dan Filipina. Greenpeace Asia Tenggara secara resmi didirikan pada tanggal 1 Maret 2000. Mungkin penjelasan di atas dapat menjadi sedikit gambaran mengenai Green Peace baik dalam lingkup dunia maupun Asia Tenggara. Green Peace di Indonesia sendiri menurut saya sudah dapat dikatakan mulai mengalami perkembangan yang cukup signifikan, banyak kampanye-kampanye yang diadakan oleh organisasi ini, baik langsung turun di jalanan maupun di kampus-kampus, seperti yang kita lihat di IT Telkom. Upaya-upaya tersebut menurut saya sangat lah bagus, apalagi melihat kondisi bumi kita yang makin tidak stabil saja akibat pemanasan global. Apalagi aksi-aksi nyata yang ditawarkan oleh Green Peace dirasa cukup menjanjikan. Terlepas dari hal-hal positif tersebut, ada beberapa hal yang membuat saya kurang sreg dengan organisasi ini (dilihat dari aksi mereka selama ini di kampus kita). Cara sosialisasi mereka untuk mencari anggota menurut pandangan saya terkesan sedikit memaksa, walau kita billang kita akan ada kuliah, mereka kadang memaksa untuk meminta sedikit waktu. Selain itu, penggalangan dana dari para anggota seharusnya lebih bersifat sukarela untuk masalahmasalah seperti ini. Ya ini semua cuma pendapat saya saja, kurang lebihnya mohon maaf. Yang jelas, lakukan apa yang sebisa mungkin kita lakukan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan bumi ini. Salah satunya meminimalkan penggunaan plastik, kertas, dan barang-barang lain yang susah diurai untuk didaur ulang. Yah mungkin contoh kecilnya saja kita sebagai orang IT, para dosen-dosen meminimalkan tugas-tugas kampus dalam bentuk dokumen dalam bentuk hardcopy kalau memang dirasa kurang begitu perlu. Hehe, sekian dulu dan terima kasih. Semoga tema SG berikutnya lebih bermaanfaat.

No comments:

Post a Comment

Please Comment Here